analisis kd ke indikator

Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester            : X / 1

Standar Kompetensi   :

1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar       :

1.1  Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

1.2  Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

1.3  Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

1.4  Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

  1. A.    Analisis Taksonomi Bloom
    1. KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Berikut adalah penjabaran Taksonomi Kognitif menurut Bloom :

  • C1 (mengingat) = menyebutkan, mengidentifikasi, menunjukkan, mendefinisikan, mencatat, memilih, menyatakan, dll.
  • C2 (memahami) = membedakan, menerangkan, mengemukakan, memberi contoh, menafsirkan, menulis kembali, menjabarkan, dll.
  • C3 (menerapkan) = menghasilkan, memproduksi, menyelesaikan, menggunakan, mengelola, menggeneralisasikan, menjelaskan, dll.
  • C4 (menganalisis) = mengategorikan, mengelompokkan, membedakan, merinci, memilih, membandingkan, mendiversivikasikan, dll.
  • C5 (menilai) = menghargai, mempertimbangkan, mengkritik, mempertahankan, memisahkan, memutuskan, memperjelas, dll.
  • C6 (menciptakan) = mengkonstruksikan, mendesain, mengembangkan, membuat hipotesis, memproduksi, membuat, dll.

 

Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja yang dipakai adalah sama yakni mendeskripsikan. Sehingga penjabaran tersebut adalah logis karena tidak melebihi tingkatan dari KD yang kata kerjanya termasuk C1. Selain itu indikator dengan kata kerja mendeskripsikan yang termasuk dalam kompetensi mengingat sudah sangat spesifik dan kemampuan tersebut bisa langsung diterapkan tanpa harus melalui langkah-langkah menguasai kompetensi lainnya. Kompetensi tersebut tepat jika diletakkan pada urutan pertama dalam KD tersebut, karena menurut taksonomi Bloom, indikator tersebut tidak melampaui atau tidak lebih tinggi dari KD yang ditetapkan, sehingga menurut saya untuk indikator dengan mendeskripsikan tersebut telah sesuai dengan taksonomi Bloom.

  1. KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menguraikan. Dalam Taksonomi Bloom, menguraikan masuk ke C2. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja yang dipakai dalam indikator melebihi tingkatan kata kerja dalam KD. Indikator dengan kata kerja menguraikan yang termasuk dalam kompetensi memahami adalah tingakatn yang lebih lanjut daripada mendeskripsikan yang hanya dalam kompetensi mengingat. Jadi, penjabaran diatas adalah tidak logis.

  1. KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menganalisis. Dalam Taksonomi Bloom, menganalisis masuk ke C4. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja yang dipakai dalam indikator melebihi tingkatan kata kerja yang terdapat di dalam KD. Indikator dengan kata kerja menganalisis termasuk dalam C4 kompetensi menganalisis adalah tingkatan yang lebih lanjut dari kompetensi mendeskripsi, memahami dan menerapkan. Jadi, penjabaran diatas adalah tidak logis.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

Indikator : Menganalisis  pengertian Negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menganalisis. Dalam Taksonomi Bloom, menganalisis masuk ke C4. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja yang dipakai dalam indikator melebihi tingkatan kata kerja yang terdapat di dalam KD. Indikator dengan kata kerja menganalisis termasuk dalam C4 kompetensi menganalisis adalah tingkatan yang lebih lanjut dari kompetensi mendeskripsi, memahami dan menerapkan. Jadi, penjabaran diatas adalah tidak logis. Seharusnya, indikator pertama dalam penjabaran KD dengan kata kerja mendeskripsikan yang termasuk kompetensi mengingat menggunakan kata kerja yang termasuk kedalam kompetensi mengingat.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

 Indikator : Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah mendeskripsikan. Berdasarkan uraian tersebut, penjabaran KD ke indikator adalah logis. Karena kata kerja indikator yang dipakai adalah sama sehingga tidak melebihi tingkatan dari KD.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

 Indikator : Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menguraikan. Dalam Taksonomi Bloom, menguraikan masuk ke C2 dalam kompetensi memahami. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah tidak logis. Karena kata kerja indikator melebihi tingkatan dari KD. Indikator diatas adalah tingkatan yang lebih lanjut dari kompetensi mengingat (C1), sehingga apabila kata kerja yang dipakai adalah menguraikan maka menjadi tidak logis kompetensinya.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

 Indikator : Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan.

Kata kerja dari KD diatas yaitu mendeskripsikan, menurut taksonomi Bloom mendeskripsikan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah membandingkan. Dalam Taksonomi Bloom, membandingkan termasuk dalam C4 dengan kompetensi menganalisis. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah tidak logis karena kata kerja indikator melebihi tingkatan kata kerja KD.

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

Indikator : Menguraikan pengertian dan fungsi negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu menjelaskan, menurut taksonomi Bloom menjelaskan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menguraikan. Dalam Taksonomi Bloom, menguraikan masuk ke C2 dengan kompetensi memahami. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja dalam indikator melebihi tingkatan dalam KD.

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

 Indikator : Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara.

Kata kerja dari KD diatas yaitu menjelaskan, menurut taksonomi Bloom menjelaskan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah membandingkan. Dalam Taksonomi Bloom, membandingkan masuk ke C4 dengan kompetensi menganalisis. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja dalam indikator melebihi tingkatan dalam KD.

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

 Indikator : Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata kerja dari KD diatas yaitu menjelaskan, menurut taksonomi Bloom menjelaskan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah mendeskripsikan. Dalam Taksonomi Bloom, mendeskripsikan termasuk C1 dengan kompetensi mengingat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah logis. Karena kata kerja yang dipakai dalam indikator tidak melebihi KD, bahkan berada dalam satu kompetensi yaitu kompetensi mengingat.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Indikator : Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan.

Kata kerja dari KD diatas adalah menunjukkan, menurut Taksonomi Bloom menunjukkan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah mendeskripsikan. Dalam Taksonomi Bloom, mendeskripsikan masuk ke C1 dengan kompetensi mengingat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah logis. Karena kata kerja indikator yang dipakai tidak melebihi KD dan berada dalam satu kompetensi yang sama yakni kompetensi mengingat.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 Indikator : Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

Kata kerja dari KD diatas adalah menunjukkan, menurut Taksonomi Bloom menunjukkan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menguraiakn. Dalam Taksonomi Bloom, menguraikan masuk ke C2 dengan kompetensi memahami. Berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator diatas adalah tidak logis. Karena kata kerja indikator melebihi tingkatan KD yang hanya dalam kompetensi mengingat.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 Indikator : Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.

Kata kerja dari KD diatas adalah menunjukkan, menurut Taksonomi Bloom menunjukkan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menunjukkan. Dalam taksonomi Bloom, menunjukkan termasuk dalam C1 dengan kompetensi mengingat.berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah logis karena kata kerja yang dipakai berada dalam satu tingkatan dengan kompetensi mengingat.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 Indikator : Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia.

Kata kerja dari KD diatas adalah menunjukkan, menurut Taksonomi Bloom menunjukkan masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C1, sehingga pemaknaan isi taksonomi indikator-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C1. Dari penjabaran KD ke indikator diatas, kata kerja dalam indikator adalah menunjukkan. Dalam taksonomi Bloom, menunjukkan termasuk dalam C1 dengan kompetensi mengingat.berdasarkan uraian tersebut, maka penjabaran KD ke indikator adalah logis karena kata kerja yang dipakai berada dalam satu tingkatan dengan kompetensi mengingat.

 

 

 

 

  1. Analisis dari prespektif Standar Isi (Materi Pelajaran)
    1. KD : 1.1 Mendeskripsikan  hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Apabila dilihat dari perspektif materi pelajaran, menurut saya materi yang terdapat dalam  indikator ini yakni “mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial” kurang sesuai dengan KD-nya. Dalam KD terdapat kompetensi “Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara”, namun dalam indikator justru materi yang disampaiakan adalah kedudukan manusia. Materi kedudukan manusia ini kurang sesuai karena apabila disampaikan akan menjadi melebar materinya. Sebaiknya materi yang diberikan adalah pengertian hakikat bangsa atau unsur-unsur terbentuknya negara.

  1. KD : 1.1 Mendeskripsikan  hakikat bangsa dan  unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.

Berdasarkan  penjabaran KD ke indikator diatas, menurut saya materi pelajaran yang akan disampaikan sudah sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi “Mendeskripsikan  hakikat bangsa dan  unsur-unsur terbentuknya negara”, jadi materi dalam indikator harus mencakup pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa. Akan lebih baik apabila indikator ini dijadikan indikator yang pertama, karena pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa adalah materi awal yang menjadi dasar materi selanjutnya.

  1. KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Indikator : Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya negara.

Menurut saya, penjabaran KD ke indikator diatas apabila dilihat dari materi pelajarannya tidak sesuai atau lebih tepatnya tidak diperlukan. Karena materi “pengertian negara dan unsur  terbentuknya negara” sudah tercantum pada indikator yang sebelumnya. Jadi akan lebih baik apabila materi dalam indikator yang ketiga ini diganti dengan materi yang lebih rinci dari KD yang diharapkan.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

Indikator : Menganalisis  pengertian Negara.

Apabila dilihat dari isi materinya, penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi “mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan”, memang sangat tepat apabila dijelaskan materi pengertian negara sebagai materi pembuka. Dengan materi tersebut maka siswa akan mendapat bekal untuk dapat mengaitkan materi selanjutnya.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

 Indikator : Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.

Menurut saya, penjabaran KD ke indikator diatas kurang sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi “mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan”, apabila dalam indikator terdapat materi asal mula terjadinya negara maka materi yang akan disampaikan nanti akan menjadi melebar dan bertele-tele sehingga akan menghabiskan waktu. Dan bisa terjadi kemungkinan kompetensi dari KD yang diharapkan tidak tercapai.

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

 Indikator : Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.

Apabial dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya indikator diatas sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dalam KD. Dalam KD terdapat kompetensi “mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan”, jadi materi pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara juga perlu diberikan. Karena terdapat teori bahwa pengakuan dari negara lain juga merupakan unsur dalam pembentukan suatu negara.

 

 

  1. KD : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.

            Indikator : Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan.

Menurut saya, penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi “mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan”, jadi apabila dalam indikator yang keempat ini terdapat materi bentuk-bentuk kenegaraan memang sudah tepat dan runtut. Karena dalam indikator yang sebelumnya sudah dijelaskan mengenai hakikat negara maupun pentingnya pengakuan dari negara lain, jadi untuk memenuhi apa yang diharapkan dari KD, dalam indikator ini memang harus menjelaskan bentuk-bentuk kenegaraan.

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

Indikator : Menguraikan pengertian dan fungsi negara.

Apabila dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya indikator pertama dalam KD yang ketiga ini sudah sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi “menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI”, jadi memang sudah tepat apabila materi yang diberikan adalah pengertian dan fungsi negara. Materi ini memang sudah tepat ditempatkan dalam indikator yang pertama, karena dengan materi ini siswa mempunyai bekal untuk melanjutkan ke materi selanjutnya.

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

 Indikator : Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara.

Menurut saya, materi dalam inidikator diatas sudah sesuai dengan kompetensi dari KD yang diharapkan. Dalam indikator sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai pengertian dan fungsi negara, maka akan menjadi lebih pas apabila dalam indikator ini dijelaskan mengenai teori fungsi dan tujuan negara. Karena dalam indikator ini merupakan materi yang lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

 

 

  1. KD : 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

      Indikator : Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apabila dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya materi dalam indikator ini sudah sesuai. Dengan ditempatkannya indikator terakhir dalam KD diatas memang akan menutup kompetensi KD yang diharapkan. Karena pada indikator-indikator sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian dan fungsi, jadi memang sudah tepat dalam indikator ini apabila diberikan materi tujuan NKRI.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Indikator : Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan.

Apabila dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai. Dalam KD terdapat komptensi “menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, jadi memang sudah tepat apabila dalam indikator yang pertama ini materinya makna semangat kebangsaan. Pemilihan materi dan penempatannya sudah tepat dalam penjabarannya.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme          dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

      Indikator : Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

Apabila dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai. Dalam KD terdapat kompetensi “menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, materi semangat kebangsaan sudah dibahas dalam indikator yang pertama, jadi memang sudah tepat apabila dalam indikator yang kedua ini menjelaskan mengenai kompetensi yang akan dicapai selanjutnya yaitu nasionalisme.

 

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

       Indikator : Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.

Apabila dilihat dari materi pelajarannya, penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai, karena dalam KD terdapat kompetensi semangat kebangsaan dan dalam indikator yang pertama sudah dijelaskan apa itu makna dari semangat kebangsaan. Jadi, memang sudah tepat apabila dalam indikator ini diberikan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.

  1. KD : 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

      Indikator : Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia.

Apabila dilihat dari isi materi pelajarannya, menurut saya penjabaran KD ke indikator diatas sudah sesuai. Karena dalam KD terdapat kompetensi patriotisme, dengan diberikan materi sikap positif terhadap patriotisme Indonesia saya rasa memang sudah tepat untuk memenuhi kompetensi dari KD yang diharapkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s