KISI-KISI SKALA SIKAP “PANTANG MENYERAH”

KISI-KISI SKALA SIKAP “PANTANG MENYERAH”

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Penilaian Pembelajaran PKn
Dosen Pengampu : Prof. Dr. Sri Jutmini, M. Pd

 

 

Disusun Oleh :
Pipit Elya Sari (K641
0048)

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

2012

 

 

KISI-KISI SKALA SIKAP PANTANG MENYERAH

 

No

Karakter/Nilai

Deskripsi

Indikator

Butir Positif

Butir Negatif

1.

Pantang menyerah

Sikap yang tidak mudah putus asa meskipun banyak hambatan maupun rintangan. Dan juga selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi di sekolah.

 

  • Menciptakan sikap selalu ingin maju dalam bidang akademik.
  • Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan.
  • Memiliki kesabaran dan ketabahan dalam berusaha.
  • Selalu bekerja, berjuang dan berkorban.
  • Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju dan selalu mencari sesuatu yang baru.
  • Memiliki sikap kreatif dan inovatif.

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15

16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30

 

 

 

 

No.

Butir-butir Skala Sikap Pantang Menyerah

SS

S

R

TS

STS

1.

Saya akan tetap berusaha walaupun saya sering mendapatkan nilai yang jelek.

 

 

 

 

 

2.

Saya akan selalu optimis dengan usaha yang saya lakukan.

 

 

 

 

 

3.

Saya selalu yakin dengan jawaban saya sendiri ketika ulangan.

 

 

 

 

 

4.

Saya selalu belajar dengan giat meskipun sedang hari libur.

 

 

 

 

 

5.

Saya akan memaksimalkan waktu luang saya untuk belajar guna mengejar nilai-nilai saya yang jelek.

 

 

 

 

 

6.

Saya akan merasa lebih tertantang apabila mendapatkan soal yang sulit.

 

 

 

 

 

7.

Saya merasa tertantang dan sangat senang apabila guru memberi kepercayaan untuk mengikuti lomba.

 

 

 

 

 

8.

Saya akan tetap berusaha walaupun saya tidak mendapatkan title juara pada saat mengikuti lomba.

 

 

 

 

 

9.

Saya akan mengoreksi dan mengubah sikap saya meskipun saya dicap jelek oleh teman dan guru.

 

 

 

 

 

10.

Saya selalu memotivasi diri sendiri apabila mendapat nilai yang tidak diharapkan.

 

 

 

 

 

11.

Saya mengikuti bimbingan belajar agar prestasi saya bagus.

 

 

 

 

 

12.

Saya berusaha menjadi siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar dikelas.

 

 

 

 

 

13.

Saya menanamkan motivasi yang sangat besar untuk meraih nilai tertinggi.

 

 

 

 

 

14.

Saya langsung mengerjakan tugas dari guru agar tidak menumpuk.

 

 

 

 

 

15.

Saya selalu mencoba untuk tidak mencontoh karya teman karena saya ingin membuat sesuatu yang baru.

 

 

 

 

 

16.

Saya akan mengacuhkan mata pelajaran yang saya anggap sulit.

 

 

 

 

 

17.

Saya selalu pesimis ketika mengarjakan ujian mata pelajaran yang saya anggap sulit.

 

 

 

 

 

18.

Saya merasa sangat malas mengikuti pelajaran yang saya anggap sulit.

 

 

 

 

 

19.

Saya selalu kesal dan merasa sangat malas apabila ikut remedial.

 

 

 

 

 

20.

Saya tidak ingin mengikuit lomba lagi karena sebelumnya saya tidak menang.

 

 

 

 

 

21.

Saya tidak akan mengerjakan soal/PR mata pelajaran yang saya anggap sulit.

 

 

 

 

 

22.

Saya selalu mencontek karena saya tidak yakin dengan jawaban saya.

 

 

 

 

 

23.

Saya tidak suka mengikuti bimbingan belajar karena menyita waktu.

 

 

 

 

 

24.

Saya lebih memilih tidur jika ada waktu luang.

 

 

 

 

 

25.

Saya tidak suka menjadi siswa aktif dikelas.

 

 

 

 

 

26.

Saya tidak pernah melakukan pengulangan belajar ketika dirumah.

 

 

 

 

 

27.

Saya tidak suka mendengar nasehat dari orang lain.

 

 

 

 

 

28.

Saya tidak mempunyai sumber belajar lain selain buku paket sekolah.

 

 

 

 

 

29.

Saya hanya bisa pasrah dengan nilai saya yang selalu anjlok.

 

 

 

 

 

30.

Saya suka mencontek karya teman.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

