ANALISIS SK DAN KD PKN SMA KELAS X SEMESTER 2

ANALISIS SK DAN KD PKN SMA KELAS X SEMESTER 2

 

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kajian Kurikulum Bahan Ajar PKN
Dosen Pengampu : Drs. Machmud AR, S.H, M.Si

 

 

 

Disusun Oleh :
Pipit Elya Sari

 K6410048

 

 

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

2013

 

 

Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester            : X / 2

Standar Kompetensi   : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi.

Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi.

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara.

4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara.

 

Analisis

Kata kerja dari SK diatas yaitu menganalisis, menurut taksonomi Bloom menganalisis masuk kedalam Taksonomi Kognitif dan termasuk C4, sehingga pemaknaan isi taksonomi KD-nya paling tinggi atau harus setingkat dengan C4. Berikut adalah penjabaran Taksonomi Kognitif menurut Bloom :

  • C1 (mengingat) = menyebutkan, mengidentifikasi, menunjukkan, mendefinisikan, mencatat, memilih, menyatakan, dll.
  • C2 (memahami) = membedakan, menerangkan, mengemukakan, memberi contoh, menafsirkan, menulis kembali, menjabarkan, dll.
  • C3 (menerapkan) = menghasilkan, memproduksi, menyelesaikan, menggunakan, mengelola, menggeneralisasikan, menjelaskan, dll.
  • C4 (menganalisis) = mengategorikan, mengelompokkan, membedakan, merinci, memilih, membandingkan, mendiversivikasikan, dll.
  • C5 (menilai) = menghargai, mempertimbangkan, mengkritik, mempertahankan, memisahkan, memutuskan, memperjelas, dll.
  • C6 (menciptakan) = mengkonstruksikan, mendesain, mengembangkan, membuat hipotesis, memproduksi, membuat, dll.

Dari SK tersebut terdapat empat KD dengan kata kerja : mendeskripsikan, menganalisis dan menunjukkan. Mendeskripsikan dan menunjukkan  menurut taksonomi Bloom termasuk C1, sedangkan menganalisis termasuk C4. Sehingga berdasarkan uraian tersebut kata kerja dari SK dan KD tidak ada tingkat yang melebihi C4. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa kata kerja operasional dari SK ke KD diatas adalah logis.

Mekanisme kajian memiliki urutan sebagai berikut:

Ruang Lingkup – Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti – Kompetensi Dasar – Indikator – (Materi) – Penilaian.

Artinya satu Ruang Lingkup diperinci menjadi minimal 2 Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti. Dan Satu Kompetensi Inti dijabarkan atau diukur dengan minimal  2 Kompetensi Dasar. Dari SK “Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi” dijabarkan menjadi empat KD, yang berarti telah memenuhi syarat minimal. Karena penjabaran SK minimal ada dua KD.

KD yang pertama yaitu : “Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi”. Dari kata kerja SK “menganalisis” yang masuk C4 kemudian dijabarkan kedalam  KD dengan kata kerja “mendeskripsikan” yang merupakan bagian C1 maka penjabaran tersebut tidak salah dan logis karena penjabaran oleh KD tidak melebihi tingkatan kata kerja SK yaitu C4. Apabila dilihat dari kesesuaian SK dengan KD yang pertama ini maka terdapat kesesuaian. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : dalam SK “Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi”, tentunya sebelum menganalisis siswa terlebih dahulu harus bisa mendeskripsikan apa dasar negara Indonesia dan apa konstitusi yang dipakai Indonesia. Setelah siswa mengerti apa yang dimaksud dengan keduanya, kemudian siswa dituntut untuk bisa mendeskripsikan apa hubungan diantara keduanya. Jadi, memang terdapat kesesuaian antara SK dengan KD yang pertama ini. Mengenai materi dari KD “Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi”, bisa diberikan materi pengertian dasar negara menurut berbagai ahli yang kemudian diringkas atau disimpulkan dan diberikan materi pengertian konstitusi dari berbagai macam bahasa dan ahli yang kemudian diringkas atau disimpulkan menjadi bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa. Setelah menjelaskan pengertian dari dasar negara dan konstitusi, kemudian diberikan materi hubungan atau kaitan antara dasar negara dengan konstitusi.

KD yang kedua yaitu : “Menganalisis substansi konstitusi negara”. Dari kata kerja SK “menganalisis” yang masuk C4 kemudan dijabarkan kedalam KD dengan kata kerja “menganalisis” juga maka penjabaran tersebut tidak salah dan merupakan penjabaran yang logis karena tidak melebihi tingkatan diatas C4. Sehingga seseorang bisa mempunyai kompetensi menganalisis apabila mempunyai kompetensi mengingat (C1), memahami (C2),  menerapkan (C3) terlebih dahulu, sehingga jumlah KD harusnya minimal ada 4. Apabila dilihat dari kesesuaian SK dengan KD yang kedua ini maka terdapat kesesuaian. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : dalam KD yang sebelumnya yaitu KD “Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi”, siswa telah dituntut untuk bisa menjelaskan apa itu dasar negara dan apa itu konstitusi yang kemudian dicari apa hubungan diantara keduanya. Dan dalam KD yang kedua ini siswa dituntut untuk melangkah lebih maju lagi dalam berfikir yaitu menganalisis substansi konstitusi negara. Sehingga KD yang kedua ini terdapat kesesuaian dengan KD yang pertama, karena pada KD yang pertama siswa dituntut untuk menjelaskan apa itu konstitusi negara dan pada KD ini siswa dituntut untuk menganalisis apa saja yang termasuk dalam isi konstitusi negara. Jadi, memang terdapat kesesuaian antara SK dengan KD yang kedua ini dan KD yang kedua dengan KD yang pertama. Mengenai materi dari KD “Menganalisis substansi konstitusi negara”, bisa diberikan materi ketentuan-ketentuan konstitusi negara menurut para ahli, hal-hal yang dimuat dalam konstitusi negara dan periode berlakunya konstitusi negara Indonesia dari Proklamasi sampai sekarang.

KD yang ketiga yaitu : “Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Dari kata kerja SK “menganalisis” yang masuk C4 kemudan dijabarkan kedalam KD dengan kata kerja “menganalisis” juga maka penjabaran tersebut tidak salah dan merupakan penjabaran yang logis karena tidak melebihi tingkatan diatas C4. Sehingga seseorang bisa mempunyai kompetensi menganalisis apabila mempunyai kompetensi mengingat (C1), memahami (C2),  menerapkan (C3) terlebih dahulu, sehingga jumlah KD harusnya minimal ada 4. Apabila dilihat dari kesesuaian SK dengan KD yang ketiga ini terdapat kesesuaian. Hal ini bisa dijelaskan sebagai berikut : dalam KD yang sebelumnya yaitu KD “Menganalisis substansi konstitusi negara”, siswa telah dituntut untuk bisa menganalisis apa-apa saja yang masuk kedalam konstitusi dari suatu negara. Kemudian pada KD yang ketiga ini yang merupakan penjabaran selanjutnya dari KD yang sebelumnya, siswa dituntut untuk bisa menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 dari NKRI. Karena pada materi sebelumnya yang terdapat dalam KD yang kedua telah dijelaskan bahwa konstitusi negara adalah UUD 1945. Sehingga dalam KD yang ketiga ini siswa dituntut untuk bisa menganalisis bagaimana kedudukan Pembukaan UUD 1945. Jadi, terdapat kesesuaian antara SK dengan KD yang ketiga ini dan juga KD yang kedua maupun yang pertama. Mengenai materi dari KD “Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia” ini bisa diberikan materi bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 dan kedudukan-kedudukan Pembukaan UUD 1945 dari berbagai sudut pandang.

KD yang keempat yaitu : “Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara”. Dari kata kerja SK “menganalisis” yang masuk C4 kemudian dijabarkan kedalam  KD dengan kata kerja “menunjukkan” yang merupakan bagian C1 maka penjabaran tersebut tidak salah dan logis karena penjabaran oleh KD tidak melebihi tingkatan kata kerja SK yaitu C4. Apabila dilihat dari kesesuaian SK dengan KD yang keempat ini terdapat kesesuaian. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : dalam KD sebelumnya yaitu KD “Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia”, siswa telah dituntut untuk dapat menganalisis bagaimana kedudukan Pembukaan UUD 1945 yang merupakan konstitusi negara Indonesia. Setelah siswa dapat menganalisis bagaimana kedudukan Pembukaan UUD 1945, maka dalam  KD terakhir ini siswa dituntut untuk dapat menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara yaitu Pembukaan UUD 1945. Jadi, terdapat kesesuaian antara SK dengan KD yang keempat ini dan juga dengan KD yang sebelumnya yaitu KD yang pertama, kedua dan ketiga. Mengenai materi dari KD “Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara” ini bisa diberikan materi pentingnya konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, deskripsi perilaku konstitusional dan memberikan contoh perilaku konstitusional maupun inkonstitusional.

 

 

 

 

            

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s